23 Agustus 2009

2.MENGENAL GOOGLE ADSENSE

1.PROGRAM IKLAN Google
Dengan semakin berkembangnya internet, banyak perusahaan yang memutuskan untuk go-online.Promosi merekapun seolah-olah menjadi keharusan untuk di publikasikan melalui internet.Selain Biaya iklan yang relative murah di bandingkan dengan promosi ‘above the line’ semacam televisi misalnya,promosi lewat internet juga mampu menjangkau pasar sasaran yang lebih luas.Lalu, jenis promosi macam apakah yang cocok dilakukan melalui internet?hasil penelitian menunjukan bahwa ternyata mesin pencari atau search engine adalah alat yang paling banyak di pakai oleh para pengguna internet untuk mencari informasi.Menurut ActivMedia Research,seach engine positioning merupakan metode promosi nomor satu yang digunakan oleh situs web eCommer-ce.metode berikutnya adalah dari mulut ke mulut,iklan di majalah,”secara kebetulan surfing”,iklan TV,E-mail yang targeted,dan iklan banner.Dengan jutaan pengunjung yang melakukan pencarian melalui Google,Google nampaknya tidak menyianyiakan hal ini karena sampai saat ini iklan boleh di katakana masih menjadi sumber pendapatan Utama Google.Artinya, semakin banyak pihak-pihak yang beriklan melalui Google makin banyak pula uang yang di terima.
2.Google Adwords
Di tengah maraknya persaingan antar search engine,Google membuat suatu program periklanan yang di kenal dengan nama Google Adwords bagi perusahaan atau orang (advertiser) yang ingin memasang iklan melalui Google.Program ini boleh di bilang menjadi suatu jawaban bagaimana merancang suatu iklan yang efektif dan efisien.Selama ini,banyak perusahaan yang bertindak tidak efisien dan tidak efektif dengan membelanjakan jutaan dana dalam beriklan tanpa bisa tahu apakah akhirnya benar-benar dibaca khalayak.Iklan terpampang begitu saja sampai batas waktu tertentu dan harus membayar kembali bila akan memperpanjang masa pemasangan iklan.
Dengan Adwords,perusahaan bisa menghemat ongkos sekligus memperoleh kepastian bahwa iklan di baca oleh mereka yang tertarik.Ini bisa terjadi karena perusahaan atau pihak yang mengiklankan produk atau jasa hanya akan membayar Biaya iklan sebatas pada orang yang melakukan klik pada iklan tersebut (Pay Per Click).Selama belum ada yang mengklik iklan tersebut,perusahaan tidak akan mengeluarkan Biaya kendati iklan tersebut telah terpampang.Simpelnya, Adwords adalah sebuah program iklan yang memungkinkan advertiser (perusahaan atau orang yang memasang iklan)melakukan promosi melalui Google dengan biaya per klik (CPC= Cost Per Click) yang bisa di tentukan sendiri. Total biaya ini akan habis seberapa kali iklan tersebut di klik oleh pengunjung.Sebagai contoh mudah, anda memiliki anggaran sebesar $20 dan akan akan mempronosikan sebuah situs melalui Google. Setelah anda menentukan sendiri biaya per klik (CPC) iklan adalah $1 misalnya,maka anggaran tersebut akan habis setelah iklan tersebut di klik oleh para pengunjung sebanyak 20 kali.Lantas kemana iklan tersebut akan di tayangkan? Google akan menayangkan iklan tersebut di halaman pencarian Google.jika anda pernah melakukan pencarian melalui Google,anda tentu pernah melihat beberapa iklan Adwords yang terpampang di halaman pencarian tersebut dengan keterangan ads by Google. Iklan yang ada pada kolom ads by Google itulah iklan milik perusahaan yang beriklan melalui Google (Adwords). Cobalah mencari “money machine” pada kotak pencari Google, maka akan muncul beberapa halaman web dengan keyword “money machine” dengan keterangan ads by Google. Beberapa halaman web dengan kategori ads by Google tersebut adalah halaman web milik mereka yang melakukan pemasangan iklan melalui Google Adwords.
3.Google Adsense

Selain terpampang di halaman pencarian Google,iklan dari advertiser juga bisa muncul di halaman-halaman web atau blog. Program inilah yang di namakan dengan Adsense. Dengan Adsense,pemilik halaman yang mau menyisakan sedikit ruang di halaman blog atau web akan mendapatkan imbalan dari advertiser (dengan perantara Google) atas jasa-jasanya dalam menempatkan iklan-iklan tersebut.Adsense bisa di ibaratkan seseorang yang menyewakan lahan atau bangunan yang dia miliki untuk di tempati iklan dimana dia akan mendapatkan uang atas jasanya tersebut. Jadi,Adsense akan mengiklankan Adwords,begitu gambaran mudahnya.Jika anda belum bisa memahami atau membanyangkan apa itu Adsense, anda bisa melihat http://www.e-tradeworld.com. Pada halaman situs ini muncul link yang ditandai dengan keterangan ads by Google dan mesin pencari Google.Jika iklan Adsense berupa text tersebut di-link oleh pengunjung atau kolom mesin pencari digunakan untuk mencari informasi yang masuk dalam kategori ads by Google, maka pemilik situs tersebut akan mendapatkan uang dari setiap klik yang dilakukan oleh pengunjung. Sederhana sekali bukan?
Iklan berupa teks ini akan muncul begitu saja. Iklan tersebut bisa tampil setelah situs tersebut bisa tampil setelah situs tersebut didaftarkan program Adsense.Nah, program inilah (Adsense) yang akan kita ikuti. Dan berita baiknya adalah: Anda bisa memulai Adsense dengan gratis!Harian kompas tanggal 3 April 2007 memuat profil Nurcholis, pemilik portal eNdonesia.com, sebagai berikut : “pemasukan nurcholis lewat eNdonesia memang hanya dari iklan yang berafiliasi ke Google adsense . nilainya tidak terlalu besar, tetapi bisa digunakan untuk menghidupi isteri dan anak.”Itulah Adsense. Lantas,semudah itukah cara mendapatkan dolar melaui internet? Lets do it.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar